Monday, March 17, 2008

Kebutuhan Memory PC Game


Memory & Performa PC
Banyak pengemar game memfokus untuk melengkapi perlengkapan hardware PC dengan membeli VGA papan atas agar computer dapat diset ke tingkat detail gambar lebih tinggi. Sebagian mengunakan procesor terbaru yang lebih cepat, konon dengan kemampuan procesor akan meningkatkan performa PC sekaligus game.

Langkah diatas bisa dikatakan benar, tetapi tidak sepenuhnya benar. Mengunakan VGA top end memang meningkatkan tampilan gambar khususnya pada game. Kemampuan procesor menjadi penentu ketika memainkan game yang membutuhkan proses AI.

Mengunakan VGA top end dengan resolusi tinggi ternyata berdampak pada permainan game. Gambar game dapat di set lebih tinggi dengan detail lebih bagus dan tampilan gambar tidak terlihat patah. Tetapi apakah ada jaminan bahwa sebuah game memang membutuhkan VGA top end atau procesor berkecepatan tinggi.

Mungkin sudah saatnya kita bertanya, berapa sebenarnya kebutuhan memory untuk sebuah game.

Memory PC berhubungan dengan detail Gambar
Sering kali pemakai PC mengabaikan bahwa perlunya memory besar berhubungan dengan kualitas gambar didalam permainan game. Coba saja anda gunakan VGA kelas 300-400 dollar dan gunakan memory 512MB pada PC anda. Lalu lakukan setting high res dan high detail pada setup game yang anda mainkan.

Apa yang terjadi ketika anda memainkan sebuah game, semuanya normal saja atau lampu harddisk anda terus berkedip kedip dan game berjalan tersendak beberapa saat dan sulit mengerakan layar game yang terasa berat.

Bila anda memainkan sebuah game dan berjalan mulus, artinya konfigurasi computer anda sudah baik dan memory yang terpasang sudah memadai. Tetapi, bila lampu harddisk anda mulai berkedip terus menerus. Lalu gambar terlihat seperti tersendat sendat, dapat diartikan computer anda memerlukan memory yang lebih besar lagi untuk memainkan game tertentu.

Hasilnya tentu akan mubasir walau computer yang anda miliki sudah memiliki konfigurasi hardware yang baik. Computer sudah dilengkapi dengan VGA mahal dan procesor paling cepat ternyata malah tidak memiliki performa yang anda perkirakan. Kesalahan ini sering terjadi bagi mereka yang ingin memiliki computer bagus tetapi melupakan sisi paling sederhana yaitu bagian memory dari computer

Mengatakan memory pada computer dengan 1GB memang lebih dari cukup. Ketika anda menganti VGA computer yang lebih baik untuk mendapatkan kualitas gambar lebih tinggi lagi, ternyata computer anda tidak mampu menampilkan game dengan mulus.

Kesalahan konfigurasi computer bisa terjadi pada bagian memory, karena memory yang terpasang tidak mencukupi kebutuhan dari game yang ingin anda mainkan. Computer terus melakukan swap data kedalam harddisk. Artinya akan terjadi kinerja tambahan bagi procesor untuk mengambil dan menyimpan data pada harddisk ke memory. Dampaknya tentu akan menganggu laju gambar didalam sebuah permainan game sehingga membuat tampilan gambar tersendat

Menganalisa Kebutuhan Memory PC bagi Game tertentu
Tidak semua game membutuhkan memory besar. Umumnya game dapat berjalan baik walaupun memory computer hanya 512MB. Tetapi konfigurasi game saat ini telah menyediakan setting detail gambar sangat tinggi. Dan tidak ada hubungannya dengan tingkat resolusi dari sebuah game dengan setting tinggi. Misalnya anda mengunakan LCD monitor 17", anda harus melakukan setting pada monitor dengan native 1280x1024. Bila diturunkan maka gambar akan terlihat kabur baik bagi kualitas gambar maupun text. Dampaknya anda harus memainkan game dengan tingkat resolusi tersebut agar gambar benar benar jelas dan pas pada monitor

Hal lain adalah jangan percayakan 100% pada konfigurasi yang ditulis bahwa Game yang anda mainkan memiliki konfigurasi terbaik dengan hardware A, B dan minimal memory 1GB. Karena pembuat game hanya memberikan informasi ala kadarnya. Pada kenyataannya untuk memainkan game produk mereka dibutuhkan spesifikasi lebih tinggi.

Untuk menganalisa kebutuhan memory pada sebuah game sangat mudah. Anda cukup mengaktifkan Task Manager dengan CTRL+ALT+DEL. Cobalah mainkan game yang anda rasa sangat berat dan tidak nyaman walaupun anda sudah mengunakan hardware super. Lalu anda tekan ALT+TAB dan lihat dibagian grafik Task Manager berapa posisi memory yang dibutuhkan.

Lihat angka pada gambar dibawah ini yang menunjukan bahwa sebuah game Company of Heroes dengan setting ultra meloading program kedalam memory sebesar 1.14GB. Artinya kebutuhan memory pada game tersebut sebenarnya membutuhkan memory diatas 1GB. Bila computer hanya memiliki memory 1GB atau dibawahnya, dipastikan game yang anda mainkan tidak akan pernah berjalan mulus walaupun hardware yang anda gunakan sudah sangat baik.

Tingkat detail Gambar memerlukan Memory PC
Apakah benar sebuah game memerlukan memory pada computer yang berbeda beda. Kami mencoba memeriksa 3 game yang cukup banyak pengemarnya yaitu Need for Speed : Most Wanted, Company of Heroes dan LOTR - Rise of the Witch-King.

Hasil test yang dilakukan rupanya cukup mencemaskan. Ketika dibandingkan antara keperluan memory dari tingkat low detail dengan high sampai ultra detail. Ternyata kebutuhan memory menjadi berbeda dan tidak berhubungan antara tingkat detail gambar terhadap tingkat resolusi. Dengan resolusi 800x600 sampai 1280x1024 dengan detail low, kebutuhan memory masih diposisi sama sekitar 512MB-1GB. Tetapi pada tingkat detail high atau ultra terlihat pada 2 buah game yang diuji membutuhkan memory diatas 1GB pada setting high detail.

Pada game need for speed, setting low detail dapat dipenuhi dengan memory computer 512MB dan game dipastikan dapat bekerja dengan baik. Tetapi untuk high detail ternyata kebutuhan memory computer melonjak diatas 512MB. Artinya untuk menikmati game NFS : Most Wanted minimal dibutuhkan memory 1GB untuk mendapatkan kualitas gambar dengan detail tajam. Pada tingkat resolusi yang berbeda beda terlihat kebutuhan memory hanya membutuhkan dibawah 512MB, ketika game disetup ke detail lebih tinggi maka kebutuhan memory langsung naik diatas 512MB dengan tingkat resolusi yang berbeda beda.

Pada LOTR - Rise of the Witch-King dipastikan minimal memory diperlukan dibawah 1GB untuk tingkat low detail dan game akan tampil dengan baik. Tetapi bila menginginkan kualitas gambar pada game dengan detail tinggi, kebutuhan memory untuk game minimal adalah 2GB. Dengan memory terpasang 1GB, maka tampilan game menjadi lambat dan computer melakukan swap data terus menerus kedalam harddisk.

Yang terberat terlihat pada Company of Heroes. Untuk low detail atau detail gambar rendah, hanya dibutuhkan memory dibawah 1GB. Tetapi ketika seluruh setup game ditingkatkan menjadi Ultra detail maka kebutuhan memory adalah 2GB. Game melakukan loading seluruh texture gambar kedalam memory dan memerlukan minimal 1GB pada awal permainan. Bahkan setelah beberapa menit kemudian, Company of Heroes malah membutuhkan memory mencapai 1.4GB.

Detail Gambar tidak berhubungan dengan Tingkat Resolusi
Dari hasil test diatas terdapat 2 bagian yang membedakan keperluan memory bagi sebuah game. Tingkat resolusi seperti 800x600, 1024x768 dan 1280x1024 belum tentu mempengaruhi kebutuhan memory computer. Pada tingkat low detail, game hanya membutuhkan memory dibawah 1GB.

Bagian yang perlu diperhatikan adalah bila anda ingin menampilkan gambar game pada setting high atau ultra. Ketika game dimainkan dengan detail gambar sangat tinggi rupanya sangat berdampak pada kebutuhan memory. Setting tingkat gambar high atau ultra untuk menampilkan detail gambar tertinggi dibutuhkan memory mencapai 1GB. Artinya game baru akan berjalan sangat baik pada computer yang memiliki memory 2GB. Menurunkan tingkat resolusi dengan setting detail gambar tinggi tidak menurunkan kebutuhan memory computer karena game tetap meloading pada memory. Walaupun resolusi yang anda gunakan hanya 800X600, kebutuhan memory pada game diperlukan tetap yaitu diatas 1GB.

Jangan terlalu memfokus pada VGA yang harus diganti ketika memainkan game dengan setting ultra. Kemungkian memory computer menjadi penyebab lambatnya game ketika dimainkan pada setting high detail. Cobalah menambah memory computer ke kapasitas lebih besar lagi, dan nikmati setting detail tinggi ketika memainkan sebuah game. Bila dirasakan tidak memadai baru anda fokuskan untuk pengantian VGA.

Result
Membangun computer untuk memainkan game tidak saja membutuhkan procesor dan VGA berkualitas baik. Sisi memory menjadi bagian paling penting sebelum menentukan menentukan pilihan membeli VGA atau procesor sehingga kemampuan seluruh hardware dapat seimbang.

VGA menjadi faktor penentu bila anda menginginkan tingkat gambar dengan setting high detail. VGA membantu menampilkan pada tingkat Frame Rate (tampilan frame gambar perdetik) lebih tinggi pada tingkat resolusi tinggi serta detail gambar. Semakin cepat VGA maka semakin baik tampilan gambar pada layar monitor dan permainan game akan terhindar dari menurunnya tampilan Frame gambar pada sebuah game.

VGA membantu menampilkan FPS pada gambar game agar tidak drop pada tingkat resolusi tinggi. Semakin cepat proses GPU didalam VGA akan membantu tampilan gambar lebih mulus dan bagus

Procesor mempercepat aplikasi termasuk game. Semakin cepat kemampuan procesor maka aplikasi game juga meningkat , khususnya pengolahan AI pada game. Kecepatan procesor menunjang pengolahan data didalam permainan game serta tranfer data dari dan ke VGA.

Terakhir adalah bagian memory yang tidak boleh dilupakan. Kebutuhan memory tergantung dari keinginan pemakai apakah menginginkan computer untuk mampu menyajikan gambar dengan high detail atau low detail. Semakin tinggi kualitas gambar maka semakin besar memory yang dibutuhkan. Menurunkan tingkat resolusi dari 1280x1024 ke 800x600 dengan setting high detail, pada beberapa game belum tentu menurunkan pemakaian memory.

Minimal untuk permainan game saat ini dibutuhkan memory 2GB agar computer dapat menampung dan menyimpan data game sehingga menhindari swap data kedalam harddisk yang memperlambat tampilan gambar dari sebuah game.

1 comment:

  1. ya betul dimana2 harus sinkron ga mesti vga atau mbah prosesornya tetapi memory atau Power supply (psu) harus mendukung biar sama2 enak kerjanya ^__^

    ReplyDelete