Saturday, March 8, 2008

Speedy Office vs Speedy Warnet


Beda Speedy Unlimited Office dan Warnet
Banyak orang yang bertanya, sebenarnya apa sih bedanya Speedy Unlimited Office dengan Unlimited Warnet?
Kalau dilihat dari segi harga, jelas beda (hampir 2x lipatnya) padahal sama-sama unlimited dan sama-sama memiliki speed up to 384/64 kbps.
Ternyata perbedaan speedy unlimited warnet dan office terletak pada Quality of Service (QoS).
Speedy Unlimited Office
  1. Biaya pasang baru (PSB) Rp. 75.000,00
  2. Harga Rp. 750.000,00 (sebelum PPn 10%)
  3. Kuota Unlimited
  4. QoS bandwidth 16 kB/s (kurang lebih 128 kbps). Artinya minimal anda akan mendapatkan speed tidak kurang dari 16 kB/s. Padahal speedy teorinya bisa sampai 48 kB/s
  5. Service Level Guarantee (SLG) kurang dari 3 hari
Speedy Unlimited Warnet
  1. Biaya pasang baru (PSB) Rp. 75.000,00
  2. Harga Rp. 1.750.000,00 (sebelum PPn 10%)
  3. Kuota Unlimited
  4. QoS bandwidth 32 kB/s (kurang lebih 256 kbps). Artinya minimal anda akan mendapatkan speed tidak kurang dari 32 kB/s (walaupun speed up to 384 kpbs yang dijaminkan Telkom adalah speed dari modem sampai BRAS)
  5. Service Level Guarantee (SLG) kurang dari 2 hari
Ada beberapa pertanyaan "bisa gak sih speedy unlimited office dipakai untuk warnet"?
Saya jawab bisa, asal anda yakin kalau QoS 16 kB/s itu cukup untuk warnet anda. Dan saya sudah membuktikan pemakaian speedy unlimited office di warnet saya, disharing ke 8 komputer client dengan melalui 1 buah server untuk manajemen bandwidth. So Far So Good :-)

Beberapa hal yang perlu diketahui mengenai koneksi internet broadband speedy :
  1. Speed 384/64 kbps adalah speed yang dijaminkan oleh Telkom dari modem sampai BRAS, urusan setelah BRAS ke gateway internasional dapet speednya kurang dari itu ya bukan urusan Telkom.
  2. Jika anda ingin berlangganan speedy, tanyakan dulu ke 147 apakah nomor telepon anda dapat digunakan. Karena banyak yang kecewa karena teleponnya tersambung dengan FO serta WLL (bukan kabel fisik tembaga)
  3. Pastikan kondisi kabel telepon setelah DW menuju ke modem dalam kondisi yang prima (kalo bisa sih pake kabel twisted dengan diameter tembaga 0,6 mm).
  4. Gunakan modem yang teruji "tahan banting" dan awet (saya pakai AZTEC di warnet & gamecenter). Jangan ragu pula bertanya kepada rekan-rekan anda mengenai hal ini.
  5. Setelah anda berlangganan pastikan kondisi SNR margin diatas 25 dB dan line attenuation dibawah 10 dB. Semakin besar nilai SNR margin dan semakin kecil nilai line attenuation maka kualitasnya semakin baik.
  6. Apabila anda mengambil paket limited, pastikan komputer anda bersih dari virus/trojan/downloader dll. Biasakan mematikan modem apabila tidak digunakan (apalagi untuk speedy time based).
  7. Speedy unlimited warnet akan mendapatkan IP address static, sedangkan speedy office, limited personal, professional dan time based akan mendapatkan IP address dynamic.
  8. Modem ADSL seiring berjalannya waktu akan mengalami penurunan kualitas, jadi jangan heran jika nantinya setelah lebih dari setahun digunakan performanya menurun. Indikasi yang paling mudah terlihat adalah lamanya proses connecting modem ke DSLAM.
  9. Semakin dekat posisi anda dengan sentral telepon (MDF) maka semakin baik kualitas sambungan speedy anda.
  10. Kualitas sambungan speedy akan sangat dipengaruhi oleh kualitas kabel dan besarnya interferensi yang mempengaruhi.
Disadur dari www.keikai.web.id

4 comments:

  1. Mas, salam kenal.
    Saya hengki, saya baru mau buka warnet tapi baru tes koneksi speedy. saya menggunakan proxy server squid di windows xp.
    Cuma saya agak kesulitan untuk bagi bandwidth client secara adil. Saya coba Bandwidth controller enterprice tapi tidak bisa mungkin salah setting. Ajarin saya donk mas, email saya di hengki_sbs@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  2. Untuk membatasi download bandwidth client, setting Bandwidth Controller di upload-nya. Dan untuk membatasi upload bandwidth client, setting Bandwidth Controller di download-nya. Jadi berkebalikan karena posisi Bandwidth Controller di server,aktifitas download client merupakan aktifitas upload server. Demikian juga sebaliknya.

    ReplyDelete
  3. baru nyadar saya, kalo tulisan diatas hasil copas dari blog saya...
    :)

    ReplyDelete
  4. wew yang punya tahu tuh wkwkwkwkwkwkw

    ReplyDelete